Sinopsis The Whistleblower, Terinspirasi dari Kisah Nyata Hwanggate

Sinopsis The Whistleblower, Terinspirasi dari Kisah Nyata Hwanggate

Kejadian nyata kadang menjadi inspirasi dalam sebuah produksi film. Seperti pada film Korea berjudul The Whistleblower yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2014 lalu. Film dengan genre investigasi ini terinspirasi dari skandal besar di dunia ilmiah, yang tidak hanya menghebohkan Korea Selatan namun juga dunia.

Skandal yang dikenal dengan Hwang Affair atau Hwanggate ini melibatkan seorang peneliti Biologi bernama Hwang Woo Suk yang mengklaim bahwa ia dan timnya di SNU berhasil melakukan kloning pada sel induk embrio manusia pada tahun 2005. Namun, pada tahun 2006, Hwang Woo Suk kemudian mengakui bahwa hasil penelitian tersebut adalah sebuah kebohongan. Kasus ini kemudian dianggap sebagai kasus penipuan dunia ilmiah yang paling banyak dilaporkan serta paling mengecewakan dalam sejarah.

Sinopsis The Whistleblower

The Whistleblower bercerita tentang seorang produser pada sebuah acara investigasi di TV, PD Chase, bernama Yoon Min Cheol (Park Hae Il) yang mengungkap sebuah skandal ilmiah terbesar di Korea Selatan.

Cerita dimulai saat ia tengah mencari kontenĀ  untuk acaranya tersebut. Stafnya menerima telepon dari seseorang yang memberikan informasi bahwa klinik fertilitas terbesar di Korea Selatan ternyata membeli sel telur secara ilegal. Ia pun kemudian melakukan investigasi terkait informasi tersebut dan menemukan hal yang justru lebih mengejutkan. Lee Jang Hwan (Lee Kyung Young), seorang ilmuwan terpandang Korea Selatan ternyata terlibat di dalam praktik ilegal tersebut.

Padahal, nama Lee Jang Hwan saat itu sangat terkenal hingga ke dunia internasional karena keberhasilannya dalam percobaan mengkloning sel induk embrio manusia. Sesuatu yang seharusnya mustahil dilakukan. Karena keberhasilannya inilah ia pun dianggap sebagai pahlawan yang dapat menyelamatkan banyak pasien yang membutuhkan hasil penelitiannya ini.

Tekad Yoon Min Cheol untuk mengungkap kasus ini ke publik pun semakin kuat ketika mengetahui bahwa orang yang memberikannya informasi adalah Shim Min Ho (Yoo Yeon Seok). Ia adalah seorang peneliti muda yang juga merupakan ketua tim riset pada tim penelitian Profesor Lee Jang Hwan. Namun ia kemudian mengundurkan diri karena merasa tidak nyaman dengan apa yang dilakukan oleh Profesor Lee Jang Hwan terhadap penelitian tersebut. Ia pun bertekad untuk mengungkapkan kebohongan tersebut, dengan bantuan Yoon Min Cheol. Sayangnya, usaha mereka dalam membongkar skandal tersebut tidak berjalan dengan mulus.

Meski pernah bekerja pada tim Profesor Lee Jang Hwan dan menyaksikan sendiri kebohongan yang dilakukannya, Yoon Min Cheol ternyata tidak memiliki bukti konkrit untuk mengungkap hal tersebut. Terlebih lagi, istrinya ternyata masih bekerja di laboratorium milik Profesor Lee Jang Hwan, sehingga sulit bila ia harus mengungkapkan jati dirinya ke publik.

Tidak hanya itu, rintangan juga datang dari Profesor Lee Jang Hwan yang tidak tinggal diam mengetahui usaha mereka dalam mengungkapkan kebenaran. Reputasinya sebagai seorang pahlawan nasional pun membuat publik justru menganggap apa yang diungkapkan oleh Yoon Min Cheol sebagai sebuah kebohongan. Tekanan pun tidak hanya datang dari publik tapi dari media lainnya.

Pemilik perusahaan TV tempat Yoon Min Cheol bekerja bahkan memerintahkannya untuk menghentikan investigasi yang dilakukannya. Lebih dari itu, ia bahkan menolak untuk menayangkan hasil investigasi pada program PD Chase. Hal ini juga tidak lepas dari tekanan beberapa sponsor yang mengancam akan melepas kerjasama mereka bila investigasi tersebut tetap dijalankan dan ditayangkan. Meski begitu, Yoon Min Cheol dan timnya beserta dengan Shim Min Ho berusaha untuk mengungkapkan kebenaran kepada publik.

Penasaran bagaimana dengan hasil perjuangan mereka? Yuk, segera tonton film Korea The Whistleblower hanya di aplikasi streaming VIU!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *