Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Petir, Siaga Bencana Hidrometeorologi Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk hari Minggu, 11 September 2022, dengan sebagian wilayah Indonesia diperkirakan mengalami hujan, hingga peringatan Siaga bencana hidrometeorologi.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan mengalami hujan disertai petir adalah Bengkulu, Jambi dan Pangkal Pinang.

Hujan skala sedang kemungkinan terjadi di Yogyakarta, Jakarta Pusat, Semarang, Pontianak, Bandar Lampung dan Ambon.

Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Denpasar, Serang, Bandung, Tanjung Pinang, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Palembang dan Medan.

BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di perairan selatan Biak yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Papua.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Aceh, di Bengkulu, di Jawa Barat, di Jawa Timur, di Kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian tengah, di NTT, di Maluku dan di Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Suhu udara berkisar 19-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Surabaya.

Beberapa provinsi di Indonesia berada dalam kategori Siaga terhadap bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dan lainnya) dampak dari potensi hujan lebat di DKI Jakarta dan Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *