Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sekolah Dasar untuk Si Kecil

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sekolah Dasar untuk Si Kecil

Banyaknya sekolah dasar bisa membuat Anda sebagai orang tuanya pastinya kebingungan. Di satu sisi, banyaknya sekolah dasar harusnya bisa menjadi pertimbangan sebelum memasukan Si Kecil ke sekolah. Best International Elementary School biasanya memiliki beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan bagi para orang tua seperti fasilitas, lingkungan, metode belajar, hingga kurikulum yang diterapkan di sekolah. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih sekolah dasar bagi Si Kecil berdasarkan situs CNN Indonesia :

1. Mengumpulkan data-data sekolah yang dibutuhkan
Kumpulkan data-data dari beberapa sekolah yang bisa dijadikan acuan bagi para orang tua seperti alamat, nomor telepon, jenis kurikulum, dan pastinya harga dari sekolah tersebut. Data bisa dikumpulkan terlebih dahulu melalui internet.

2. Mengunjungi sekolah
Setelah data terkumpul, orang tua dan Si Kecil sudah bisa melakukan kunjungan ke sekolah dengan harapan bisa mengetahui semua informasi yang lebih jelas dan detail mengenai sekolah tersebut. Dalam kunjungan ini baik orang tua maupun Si Kecil bisa mengamati langsung kondisi sekolah serta suasana sekolah. Tidak hanya itu, orang tua juga bisa mengetahui bagaimana interaksi antara guru dan murid ketika di sekolah. Tidak lupa juga untuk mengunjungi Best International Elementary School di Jakarta yaitu High Scope.

3. Memerhatikan lokasi sekolah
Ada baiknya untuk memerhatikan lokasi sekolah dari rumah. Usahakan agar sekolah yang dituju jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah agar tidak memakan banyak waktu perjalanan. Hal ini juga bisa menyebabkan Si Kecil merasa terlalu lelah di perjalanan.

4. Mengetahui informasi mengenai sekolah lebih detail
Sekolah memiliki banyak komponen yang bisa jadi pertimbangan oleh orang tua seperti kurikulum yang digunakan, bahasa yang digunakan ketika mengajar, hingga kegiatan ekstrakulikulernya. Ada baiknya ketika melakukan kunjungan, orang tua bisa bertanya baik kepada staf atau guru mengenai kegiatan belajar mengajar hingga kegiatan sekolah. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan Si Kecil di sekolah tersebut.

5. Perhatikan fasilitas sekolah
Tidak hanya kurikulum dan hal yang mengenai kegiatan belajar mengajar di sekolah, fasilitas sekolah juga juga bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi para orang tua dan Si Kecil. Apakah sekolahnya bersih? Bagaimana dengan kebersihan kelas dan kamar mandi?

6. Sesuaikan sekolah dengan minat Si Kecil
Hal yang menjadi pertimbangan lainnya adalah sekolah tersebut sesuai dengan minat dan bakat dari Si Kecil dan bukan keinginan orang tua semata. Orang tua bisa menggali minat dan bakat dari anak tersebut dan bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada Si Kecil mengenai kebutuhan dan minat sekolah dari Si Kecil.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam memilih sekolah dasar bagi Si Kecil kelak. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi Si Kecil agar bisa menempuh sekolah ditempat yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *